Night Ride Legendaris Jogjafoldingbike Borobudur – Jogja

Night Ride Legendaris Jogjafoldingbike Borobudur – Jogja

Foto bersama sebelum berangkat NR Borobudur – Jogja | Foto: Spica – Jogjafoldingbike

Night ride (NR) legendaris Borobudur – Jogja. Mengapa dibilang legendaris? karena acara NR ini sudah beberapa kali diselenggarakan oleh Jogjafoldingbike dengan start yang sama, dari Candi Borobudur menuju Yogyakarta. NR kali ini diikuti juga oleh temen-temen dari Jogja Classic Vintage Bicycle (JCVB).

Rombongan pertama berangkat bersama sore hari dari Flyover Jombor Yogyakarta dengan mengayuh sepeda. Setiap kurang lebih 10 km rombongan yang gowes berhenti untuk regrouping dan istirahat. Alfamart sebelum Tempel dan SPBU setelah Kota Muntilan jadi tempat pemberhentian rombongan. Adzan magrib berkumandang saat rombongan gowes sampai di SPBU, bersamaan dengan rombongan kedua dari Yogyakarta yang datang menggunakan mobil loading. Tidak lama kemudian semua rombongan gowes bersama menuju Borobudur.

Night Ride Legendaris Jogjafoldingbike Borobudur - Jogja

Berhenti sebentar di alfamart. | Foto: Spica – Jogjafoldingbike

Dengan ritme gowes yang tetap, rombongan sampai di Borobudur sekitar jam 19.00, foto-foto bersama sebentar di depan tulisan “Taman Wisata Candi Borobudur” rombongan yang gowes dari Jogja kemudian lanjut makan malam sembari persiapan gowes night ride menuju Yogyakarta.

Cuaca cerah ternyata nggak berlangsung lama, disaat para peserta makan tiba-tiba hujan cukup deras mengguyur kawasan Borobudur, but show must go on. Para peserta memang sudah siap membawa jas hujan karena memang perkiraan cuaca dari BMKG akan turun hujan di sore-malam hari. Setelah briefing singkat dari Mamiz mengenai rute yang akan dilalui, rombongan gowes menuju Yogyakarta dibawah guyuran hujan dipimpin Om Anto.

Night Ride Legendaris Jogjafoldingbike Borobudur – Jogja

Briefing sebelum berangkat NR | Foto: Spica – Jogjafoldingbike

Kira-kira hampir setengah perjalanan, hujan reda. Rombongan berhenti di pelataran sebuah masjid untuk mencopot jas hujan, karena meskipun berfungsi mencegah kita basah dari air hujan, disaat yang bersamaan jas hujan mencegah panas tubuh keluar sehingga kita bakal merasa gerah dan nggak nyaman.

Night Ride Legendaris Jogjafoldingbike Borobudur – Jogja

Istirahat di tengah perjalanan NR | Foto: Spica – Jogjafoldingbike

Cek kelengkapan kembali dilakukan saat akan melanjutkan perjalanan NR, setelah dirasa cukup rombongan berangkat lagi menuju Jogja. Rute yang dilewati minim penerangan dan jauh dari keramaian karena memang bukan jalan utama, tapi justru itu yang menjadi keasyikan tersendiri ketika gowes NR bareng-bareng “blusukan”. Rata-rata jalan yang dilalui merupakan turunan. Beberapa tanjakan pasti ada tapi bukan tanjakan yang ekstrim sehingga mudah dilibas oleh rombongan NR. Beberapa peserta berpisah dari rombongan pada sebuah persimpangan karena memang lebih dekat bagi mereka untuk pulang melalui jalan tersebut. Setelah saling berpamitan, sisa rombongan kemudian melanjutkan perjalanan sampai bertemu indomaret di sekitaran seyegan dan berhenti untuk istirahat dan mengisi ulang air minum.

Night Ride Legendaris Jogjafoldingbike Borobudur – Jogja

Istirahat di Indomaret | Foto: Spica – Jogjafoldingbike

Tugu Yogya menjadi tempat pemberhentian akhir acara NR legendaris Borobudur – Yogyakarta Jogjafoldingbike kali ini. Para peserta berpamitan dan ada yang menyempatkan berfoto bersama di depan Tugu yang ramai orang yang mau berfoto dengan salah satu ikon Kota Yogyakarta itu.

Night Ride Legendaris Jogjafoldingbike Borobudur – Jogja

Foto bersama di depan Tugu Yogyakarta | Foto: Spica – Jogjafoldingbike

Terima kasih untuk semua sobat JFB, temen-temen dari Jogja Classic Vintage, Om Anto yang sudah menjadi RC dengan rutenya yg asik, dan semua yg turut serta & mendukung lancarnya acara NR legendaris kali ini.

Galeri Foto